Interaksi Manusia dan Komputer

Apa Itu IMK
Interaksi manusia dan komputer human–computer interaction (HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi anatarmuka pemgguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.


Pengenalan IMK
·         Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
·         Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
·         Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
·         Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.

Mengapa IMK Itu diperlukan dalam dunia teknologi komputer
Hal yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan komputer di zaman modern ini sangat komplek dimana segala sesuatu telah dikomputerisasi. Saat manusia menggunakan komputer seperti mengetik data, menyentuh tombol power, menekan mouse tanpa disadari manusia telah berinteraksi atau berkomunikasi dengan komputer. Manusia baru menyadari mereka berkomunikasi dengan komputer ketika terjadi kesalahan dan tidak menemukan solusinya dan manusia biasanya selalu menyalahkan antar muka yang kurang komunikatif, kurang menarik, dan kurang inovatif. Oleh karena itu maka diperlukan Interaksi Manusia dan Komputer.
Tujuan utama dari adanya interaksi manusia dan komputer adalah:
·         User  friendly (ramah dengan pengguna) : Kemampuan yang dimiliki software atau program  aplikasi untuk mudah dioperasikan dan beberapa kemampuan lain sehingga pengguna pemula pun dapat mengoperasikannya.
·         WYSIWYG (What You See Is What You Get) : Kemampuan yang dimiliki software atau program aplikasi untuk menampilkan apa yang sesungguhnya didapat oleh pengguna.
·         Menambah kenyamanan pengguna sehingga pengguna tidak merasa frustasi atau cepat bosan.
·         Implikasi: meninggkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja.



Siapa saja yang terlibat dalam IMK
  • Psikologi ilmu kognitif yang memberikan dasar pengehtahuan  mengenai presepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
  • Ergonomi yang memberikan dasar pengehtahuan mengenai kemampuan/ karakteristik fisik user.
  • Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
  • Ilmu komputer dan tehnik rekayasa untuk membangun teknologi yang di butuhkan.
  • Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
  • Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
  • Technical writing agar mampu membuat manual.

Ruang Lingkup IMK
Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :
1.     Manusia, Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
2.     Komputer, merupakan peralatan  elektronik   yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).
3.     Interaksi, manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka (Brainware)

Contoh dari IMK
Contoh IMK dalam kehidupan sehari – hari :
1.     Touch screen pada smartphone
2.     Tampilan pada komputer yang semakin ramah
3.     Dan masih banyak lagi

Penulis : alone rawkz ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Interaksi Manusia dan Komputer ini dipublish oleh alone rawkz pada hari Selasa, 02 April 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Interaksi Manusia dan Komputer
 

0 komentar:

Posting Komentar