Kualitas karya Tulis

Karya tulis adalah segala bentuk hasil pikir manusia yang dituangkan dalam tulisan. Merujuk dari definisi ini maka disebutkan bahwa karya tulis dibagi 2 yaitu : karya tulis fiksi dan non fiksi (ilmiah).

Karya tulis fiksi adalah karya tulis hasil dari rekaan, khayalan dan imajinasi manusia. Contoh : cerpen, novel, dan puisi.

Karya tulis non fiksi (ilmiah) adalah suatu hasil karya yang dipandang memiliki kadar ilmiah tertentu serta dapat dipertanggungjawabkan dalam bentuk karangan atau tulisan ilmiah.
Suatu karya tulis akan bermakna bila dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain yang membacanya, sehingga kualitasnya harus diutamakan. Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa aspek, yaitu :

  • Topik yang menarik


  • Mudah dipahami oleh pembaca


Pertama mengenai topik yang menarik tentu banyak sekali topik yang bisa dikembangkan menjadi sebuah karya tulis . Namun kita harus memilih dan mempertimbangkan topik yang akan kita kembangkan agar menarik pertahian dan membuat orang penasaran untuk membaca karya tulis yang kita buat. Menurut literatur yang say abaca ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah topik yaitu :
  • ·         Menarik untuk ditulis dan dibaca
  • ·         Dikuasai baik oleh penulis minimal prinsip prinsip ilmiah nya

Kedua mudah dipahami oleh pembaca , dalam membuat tulisan sebaiknya kita menggunakan kalimat yang efektif supaya tidak bertele – tele atau berbelit – belit sehingga pembaca dapat mudah mengerti dan mencerna maksud dari karya tulis yang kita buat . 







Source : http://www.konsultasimenulisbuku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=63:rahasia-memlih-topik-yang-menarik&catid=34:tips-menulis-buku&Itemid=12

Penulis : alone rawkz ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kualitas karya Tulis ini dipublish oleh alone rawkz pada hari Kamis, 24 Oktober 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kualitas karya Tulis
 

0 komentar:

Posting Komentar