Tren Kamera Super

Perkembangan smartphone dan tablet dengan kemampuan multimedia yang semakin canggih juga akan menghadirkan kemampuan imaging yang semakin mumpuni. Tahun ini perkembangan piranti digital yang sudah dibekali dengan kemampuan kamera beresolusi lebih dari 10 megapiksel sudah dimulai dan akan menjadi tren yang semakin meningkat di tahun-tahun mendatang. Menurut Largan Precision, tahun 2014 nanti piranti digital dengan kemampuan kamera minimal 10 megapiksel akan menjadi mainstream dan akan mendominasi pasar.

Largan Precision sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi modul lensa asal dari Taiwan. Seperti berita yang saya kutip dari situs Digitimes, minggu ini perusahaan tersebut mengumumkan hasil pendapatannya dalam konferensi investor perusahaan tersebut dan menyatakan bahwa hampir semua kliennya telah mengadopsi atau akan mengadopsi modul lensa di atas 10 megapiksel untuk disematkan di smartphone atau tablet yang akan diluncurkan tahun depan.

Tren yang mengarah ke kemampuan kamera yang semakin canggih untuk piranti mobile sendiri sudah ada selama beberapa waktu. Nokia ditengarai sebagai vendor pertama yang menghentak pasar saat memperkenalkan seri Lumia yang dijalankan dengan OS Windows Phone dan dibekali dengan kemampuan kamera beresolusi 41 megapiksel. Ukuran sensor tersebut memang terbilang ekstrem dan belum diikuti vendor lainnya, dimana vendor seperti Samsung, LG, HTC dan vendor besar lainnya lebih memilih bermain di sensor berukuran sekitar 13 megapiksel.

CEO Largan, Lin En-Ping memberikan penjelasan jumlah kasar dari pengapalan tipe modul lensa di kuartal ketiga tahun 2013 ini sehingga bisa cukup memberikan indikasi secepat apa tren ini meningkat. Lin menyatakan bahwa pengapalan di Q3 2013 ini, sekitar 10-20% adalah modul lensa 13 megapiksel ke atas, 30 – 40% adalah modul lensa 8 megapiksel, 20 – 30% adalah modul lensa 5 megapiksel serta 20 – 30% merupakan modul lensa 1.3 megapiksel ke bawah. Untuk tipe terakhir yang memesan modul berukuran 1.3 megapiksel ke bawah nampaknya akan menempatkannya sebagai kamera depan yang digunakan untuk melakukan video chatting. Dari semua aplikasi, di Q3 2013 ini smartphone memberikan sumbangan sebesar 80 – 85%, tablet, notebook dan desktop menyumbang 10 – 15%, kamera digital sebesar 2% serta MFP atau multifungsional peripheral menyumbang sebesar 1%.

Penulis : alone rawkz ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tren Kamera Super ini dipublish oleh alone rawkz pada hari Kamis, 07 November 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tren Kamera Super
 

0 komentar:

Posting Komentar